Minggu, 30 Agustus 2009

Pesiar ke Posokan: Melelahkan Tapi Menyenangkan

Tanggal 7 Juni 2009 lalu, saya bersama Rikson, Green, dan Andre mendapat undangan dari mahasiswa Angkatan 2005 Fakultas Teologi UKIT untuk bersama-sama dalam kegiatan pelayanan mereka di Kel. Posokan Kec. Lembe Utara - Kota Bitung. Inilah perjalanan kami ke Kelurahan yang langsung berhadapan dengan laut lepas itu. Melelahkan namun sangat menyenangkan.

Naik perahu dari Dermaga Kecil "Ruko" Kota Bitung menuju ke Dermaga Kel. Batukota. Perjalanan dari Dermaga "Ruko" ke Batukota ditempuh sekitar 15-20 menit.











Tiba di dermaga kel. Batu Kota. Dermaganya kecil, hanya khusus untuk perahu-perahu sebagai alat transportasi warga di sana menuju Kota Bitung.









Jalan kaki menuju ke Kel. Posokan melawati kel. Woka. Jarak antara Kel. Batukota dengan Kel. Woka sebenarnya hanya berkisar 2 km, tapi jalanya sangat menanjak.








Istirahat sejenak di "Sabua" yang biasa menjadi tempat mangkal ojek. Semua kelelahan, setelah melewati jalan yang sangat menanjak.











Setelah beristirahat sejenak, perjalananpun dilanjutkan. Ada energi baru untuk melanjutkan perjalanan di siang bolong, yang panas.












Antara Kel. Woka dengan Kel.Posokan, yang menjadi tujuan kami, jalanya menanjak dan menurun. Jalan ini hanya khusus pejalan kaki, kendaraan bermotor tidak bisa melewati jalan ini.










Akhirnya, sampai juga di Kel. Posokan. Sebuah perjalanan yang cukup melelahkan.














Dan, inilah keindahan Kel. Posokan itu. Masyarakatnya ramah, makanannya khas, anak-anaknya cinta budaya.






Dan, inilah para mahasiswa/i angkatan 2005 Fakultas Teologi UKIT





Ketika hari sudah sore, waktunya untuk pulang. Sekarang tidak lagi jalan kaki, tapi naik perahu sampai di "Ruko" Bitung hari sudah malam.

(Naskah Denni. Foto: Green)

0 komentar: